Mengukir Keadilan di Hutan: Pentingnya Pengarusutamaan Gender dalam Perhutanan Sosial


Bagikan Bagikan
Blog Single
Perhutanan sosial adalah warisan berharga yang perlu dilestarikan bagi masa depan kita. Dalam Perhutanan Sosial setiap pohon memiliki kisahnya sendiri,  namun, kesinambungan hutan tidak hanya soal pepohonan, tapi juga tentang manusia, karena setiap manusia juga memiliki peran penting di dalamnya.

Pengarusutamaan gender dalam pengelolaan hutan sosial juga menjadi penting untuk memastikan keadilan, kesetaraan, dan partisipasi penuh dari semua elemen masyarakat.

Proyek SSF sangat konsen terhadap kesetaraan gender. Hal ini dapat terlihat dari salah satu indikator capaian proyek tersebut yaitu, penerima manfaat ekonomi dan non-ekonomi masyarakat di wilayah dan sekitar proyek ditargetkan sejumlah 30% wanita dari total 150.000 orang penerima manfaat proyek. Maka dari itu, proyek SSF terus mendorong upaya pelibatan kaum perempuan di dalam pengelolaan Perhutanan Sosial.

Dengan memberdayakan perempuan dan melibatkannya dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan hutan, sama halnya dengan membuka pintu bagi beragam perspektif, mempromosikan keberlanjutan, dan menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua, serta memastikan bahwa setiap suara didengar dan dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Secara bersama-sama, mari kita jaga hutan kita dengan keadilan, kesetaraan, dan kemanfaatan yang berkelanjutan.**